Tips Belanja Online Selama Pandemi Covid-19

alusa.id – Pandemi covid-19 membuat belanja online menjadi salah satu pilihan yang dilirik oleh sebagian besar orang karena cukup memudahkan untuk melakukan transaki dan tidak harus keluar rumah. Berikut beberapa cara aman bertansaksi di toko online dengan aman dan nyaman versi Alusa :

1. Beli Sesuai Kebutuhan

Sebelum belanja online, terlebih dahulu kita harus memikirkan apa saja yang kita butuhkan, bisa juga dengan membuat list untuk memudahkan kita ketika bertransaksi. Jika mengikuti keinginan, akan sangat banyak barang yang akan kita beli. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan kita saat ini.

2. Lakukan Survey antar Seller

Lakukan survey perbandingan antar Seller untuk mendapatkan harga yang terbaik. Disni terbaik bukan berarti murah ya, terbaik dalam artian Good Price Good Quality.

3. Pahami Hak Kita Sebagai Konsumen

Pemahan yang rendah akan hak konsumen, akan membuat kita takur atau ragu untuk melaporkan apabila hak kita tidak dapat dipenuhi oleh Seller.

4. Pastikan Gadget yang dipakai Aman

Ketika melakukan belanja online, pastikan laptop, handphone kita dalam keadaan aman. Pastikan sudah instal antivirus agar gadget terlindungi dari serangan cyber.

5. Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Saat belanja online, pastikan belanja pada situs terpercaya. Situs yang memiliki keamanan biasaya menggunakan sertofolat SSL. SSL adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure. Website yang menggunakan SSL Website yang telah menggunakan sertifikat SSL akan berubah URLnya dari protokol HTTP ke HTTPS. Contohnya seperti web Alusa dengan url https://alusa.id

6. Pilih Seller dengan Reputasi Baik

Pilihlah seller dengan reputasi baik, menggunakan gambar sendiri (dengan brand watermark) bukan gambar curian. Lihat juga testimoni dan review dari konsumen.

7. Teliti Membaca Deskripsi Barang

Baca deskripsi barang dengan teliti, apabila diperlukan langsung tanyakan ke admin toko onlinenya langsung. Baca deskripsi soal kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan lain-lain. Jika tidak teliti membaca, nantinya bisa jadi akan kecewa karena salah beli barang yang palsu.

8. Minta Foto Asli Barang saat Akan Membeli Barang

Hati-hati terhadap godaan harga obral atau harga murah, yang mustinya harganya ratusan ribu tiba-tiba menjadi harga puluhan ribu. Biasanya harga murah berhubungan dengan kualitas barang. Ketika akan belanja, mintalah foto asli. Jangan hanya mengandalkan foto dari website ataupun dari media sosial.

9. Hindari Membeli Barang dari Luar Negeri

Hindari belanja dari luar negeri karena selain faktor kemanan, akan sulit juga melakukan komplain jika tidak puas dengan barang yang dibeli. Dengan membeli produk lokal, kita setidaknya memberikan kontribusi positif bagi pelaku UMKM di Indonesia.

10. Jangan Simpan Informasi Kartu Kredit di Toko Online

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

11. Simpan Bukti Transaksi

Setelah belanja online, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi, sewaktu-waktu ada komplain atas barang yang sudah dibeli. Jika perlu simpan semua informasi detail terkait transaksi, atau struk bukti transfer.

12. Terima Barang Sesuai Prokes

Lakukan protokol ketika menerima barang dari kurir yakni (a). terima paket tanpa kontak dengan kurir. (b). Buka paket diluar rumah. (c) Buang bungkus paket ke tempat sampah. (d) Semprot barang non makanan dengan disinfektan. (e) Segera cuci tangan.

13. Adukan Masalah Transaksi Yang Tidak Sesuai

Apabila ada masalah ketika belanja online, jangan ragu untuk melakukan komplain langsung ke pelaku usaha.